INFO ADMIN

mohon maaf, karena keterbatasan waktu kami blog ini akan selalu diperbahurui

SEKAPUR SIRIH

Kepres pertama dalam mengatur tata cara pengangkatan pahlawan adalah Kepres No.241 tahun 1958:

Yang dimaksud dengan "Pahlawan Kemerdekaan Nasional" ialah seseorang yang masa hidupnya, karena terdorong oleh rasa cinta tanah air sangat berjasa dalam memimpin suatu kegiatan yang teratur guna menentang penjajahan di Indonesia, melawan musuh dari luar negeri ataupun sangat berjasa baik dalam lapangan politik, ketata-negaraan, sosial-ekonomi, kebudayaan dengan perjuangan kemerdekaan dan perkembangan Indonesia.

--------------oOo---------------

Senin, 11 Januari 2010

SYEKH YUSUF TAJUL KHALWATI (1626-1699)

Lahir : lahir di Gowa, Sulawesi Selatan, 3 Juli 1626
Wafat : 23 Mei 1699
Makam : wafat di Cape Town, Afrika Selatan, 23 Mei 1699

Beliau adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang lahir dari pasangan Abdullah dengan Aminah dengan nama Muhammad Yusuf. Nama ini diberikan oleh Sultan Alauddin, raja Gowa, yang juga adalah kerabat ibunda Syekh Yusuf. Nama lengkapnya setelah dewasa adalah Tuanta' Salama' ri Gowa Syekh Yusuf Abul Mahasin Al-Taj Al-Khalwati Al-Makassari Al-Banteni.

Ketika Kesultanan Gowa mengalami kalah perang terhadap Belanda, Syekh Yusuf pindah ke Banten dan diangkat menjadi mufti di sana. Pada periode ini Kesultanan Banten menjadi pusat pendidikan agama Islam, dan Syekh Yusuf memiliki murid dari berbagai daerah, termasuk 400 orang asal Makassar yang dipimpin oleh Ali Karaeng Bisai.

Ketika pasukan Sultan Ageng dikalahkan Belanda tahun 1682, Syekh Yusuf ditangkap dan diasingkan ke Srilangka pada bulan September 1684.

Di Afrika Selatan, Syekh Yusuf tetap berdakwah, dan memiliki banyak pengikut. Ketika ia wafat pada tanggal 23 Mei 1699, pengikutnya menjadikan hari wafatnya sebagai hari peringatan. Bahkan, Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan, menyebutnya sebagai 'Salah Seorang Putra Afrika Terbaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.